Cara Menjaga Kesehatan Saat Lebaran

Cara menjaga kesehatan saat lebaran

Adalah suatu keharusan pada saat lebaran kita bersalam-salaman atau mencium tangan orang lain sebagai ungkapan saling memaafkan. Tidak jarang dari sentuhan itu kuman, virus, dan bakteri dapat berpindah dan menyerang dari satu tangan ke tangan lainnya. Agar terhindar dari ancaman penyakit yang mungkin timbul, kita harus selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan setiap kali akan menyantap makanan.

 Ada banyaknya makanan saat lebaran bisa membuat kita kalap dan tidak memperhatikan porsi makan. Apa saja yang ada ingin kita makan seperti ingin balas dendam setelah sebelumnya puasa. Hal ini tidak boleh dilakukan karena akibat dari makan kekenyangan adalah rasa tidak nyaman, perut begah dan bisa memicu kenaikan berat badan secara cepat. Terlebih makanan-makanan yang disantap mengandung banyak lemak dan tak sehat.

Makan buah dan sayur dapat mengimbangi asupan makanan berlemak pada saat lebaran. Buah dan sayur efektif untuk menetralisir kelebihan gula dan lemak jahat yang masuk dalam tubuh sehingga melancarkan sistem pencernaan.

Saat lebaran, aneka sirup berbagai rasa tersedia. Namun sebaiknya, pilih air putih untuk mengobati rasa haus Anda. Itu karena air putih lebih sehat dan memiliki fungsi lebih baik dibanding minuman lainnya seperti sirup atau softdrink. Air putih sangat penting sebagai sumber cairan tubuh untuk menjalani aktifitas sibuk Anda selama lebaran.

Kebanyakan kue-kue lebaran dan makanan yang disajikan terbuat dari bahan-bahan yang bisa memicu gangguan kesehatan, bisa menaikkan berat badan dengan cepat, bahkan beberapa diantaranya merupakan pantangan dari beberapa jenis penyakit semisal diabetes, asam urat, hipertensi, dan kolesterol tinggi. Karena itu waspadailah setiap makanan yang hendak dikonsumsi saat lebaran.

Seharian beraktifitas dan bersilaturahmi pasti membuat tubuh lelah dan perlu istirahat untuk memulihkan tenaga. Karena itu tidur lebih cepat itu penting, meski terkadang acara silaturahmi ada yang berlangsung hingga malam. Tapi sediakan waktu untuk mengistirahatkan tubuh agar kondisinya tidak drop dan jatuh sakit.

Kebahagiaan lebaran tidak akan sempurna apabila kita dan orang-orang tercinta di dekat kita jatuh sakit, tips cara menjaga kesehatan saat lebaran diatas bisa diterapkan untuk mengantisipasi hal tersebut. Selamat hari Raya Idul Fitri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!