Ikan Arwana Silver Kalimantan

Ikan Arwana Silver Kalimantan -Apakah ikan arwana bisa  bawa hoki?  Bener sekali, terlebih bagi pedagang-nya, juga peternaknya. Sebab harganya semacam itu mahal sih, jeh! Bagaimana di Tiongkok? Terang itu pembawa hoki juga, secara harafiah, terutama bagi pedagangnya juga. Bagi pembelinya, terlebih para konglomerat – ya jelas \’membawa\’ hoki. Dengan memelihara ikan mahal seperti itu, apalagi dipajang di ruang tetamu kantornya, pastilah orang lebih yakin dan mantap berbisnis dengannya. Karena jelas sekali keuangannya solid, mampu beli ikan arwana yang harganya bisa puluhan malahan ratusan juta rupiah per ekor sih!

Gambar terkait  Ikan Arwana Silver Kalimantan

 Ikan Arwana Silver Kalimantan
Ikan Arwana Silver Kalimantan

 

Dikala orang-orang Eropa datang di awal abat ke-16, hingga pada abad ke-17 Belanda muncul sebagai penguasa yang terkuat di bumi Zambrut Khatulistiwa ini. Sampai pada masa proses terjadinya evolusi keanekaragam flora dan fauna, yang terjadi di nusantara bumi Khatulistiwa. Ucap saja ikan purba yang dewasa ini belum punah yaitu ikan arwana (Scleropages sp). Hingga ikan ini hingga seabad yang lalu nyaris tidak dikenal, sampai pada tahun 1844 dua orang

 

Ilmuwan Jerman bernama Muller dan Schlegel yang beratensi dengan kecantikan ikan yang mereka dapatkan di Amerika Selatan. Penelitian mereka menemukan ternyata ikan hal yang demikian belum diketahui. Keduanya memberi nama ikan itu Osteoglossum formosum.

 

Maka pada tahun 1913 dua ahli zoologi Belanda Max Weber dan LF de Beaufort mengubah namanya menjadi Scleropages formosus. Sampai penemuan ragam terakhir ini oleh ilmuwan Jepang Kanazawa pada tahun 1966, telah ditemukan banyak tipe arwana. Sekurang-kurangnya telah diketahui ada empat genus yaitu Arapaima dengan satu spesies (Arapaima gigas), Osteoglossum dengan dua spesies adalah Osteoglossum bicirrhosum dan Osteoglossum ferreirai, kemudian genus Scleropages dengan empat spesies yakni Scleropages formosus, Scleropages guntheri,Scleropaghes leichardti dan Scleropages jardini. Genus terakhir yakni Clupisudis dengan spesies tunggal Cluoisudis nilot. Padahal di Indonesia yang sungguh-sungguh banyak ditemukan yakni ragam Super Red Arowana (Scleropages formosus). Arwana ragam ini benar-benar banyak terdapat di sungai-sungai dan danau di Sintang, Kapuas Hulu. Sungai-sungai yang yakni anak Sungai Kapuas itu menyimpan banyak variasi arwana, karena sungai atau danaunya tidak berbatu dan arus sungainya tenang, tidak sederas Sungai Kapuas. Ikan arwana merah (Scleropages formosus) semakin sulit dijumpai di habitat aslinya di Danau Sentarum, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Hingga pada dasarnya dan diketahui secara awam bahwa Ikan Arwana Silver Kalimantan  (Scleropages formosus) ialah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan panjang, sirip dubur berlokasi jauh dibelakang badan

 

Jenis-jenis ikan Arwana:

  1. Ikan Arwana Red Tail Golden
  2. Ikan Arwana Brasil (Silver Arowana)
  3. Ikan Arwana Banjar (Banjar Red Arowana)
  4. Ikan Arwana Black Golden (Golden Based Black)
  5. Ikan Arwana Silver Red
  6. Ikan Arwana Cross Back Golden
  7. Ikan Arwana papua (Jardini Arowana)
  8. Ikan Arwana Hijau (Green Arowana)
  9. Ikan Arwana Batik (Myanmar Arowana)
  10. Ikan Arwana Platinum.

 

Cara merawat ikan arwana:

  1. Ganti air minimal seminggu sekali.

Paling sedikitnya itu seminggu sekali ganti air. Jikalau mau kuras air juga harus setengahnya saja yang dibuang, dari ketinggian air yang lazim di akurium. Itu yang seharusnya dirutinitaskan dan tidak boleh terlewat.

 

  1. Rutin memberi makanan

Supaya Ikan Arwana Kontes panjang umur, maka wajib dikasih makan secara rutin. Kasih makan yang rutin biar ikan arwana tetap sehat.

 

  1. Jangan kasih obat-obatan

Umpan Ikan Arwana Silver  tidak perlu diberi obat-obatan, cukup kasih makan yang teratur dan rutin  serta ganti air akuarium.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!