Indahnya Pos Perbatasan RI – Malaysia di Entikong

Indahnya Pos Perbatasan RI – Malaysia di Entikong

Indahnya Pos Perbatasan Indonesia – Malaysia di Entikong

Satu diantara Perbatasan Negara atau Pos Lintas Bangsa Negara  langsung menghubungkan Negara Indonesia serta Malaysia ialah Perbatasan Entikong. Perbatasan  ini menghubungkan jalan lintas Propinsi Kalimantan Barat dengan lokasi Serawak Malaysia. Dimana, Perbatasan ini masuk dalam daerah Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Pos Perbatasan Entikong  ini menurut saya sendiri jadi satu diantara perbatasan terlengkap serta paling sibuk di Kalimantan serta di Indonesia, mengingat kegiatan jalan raya yang melalui perbatasan ini lumayan tinggi. Jalan aspal yang telah bagus ke arah perbatasan ini, bangunan yang istimewa serta modern, taman yang hijau sampai sarana umum di perbatasan yang telah lengkap membuat saya bangga serta takjub jadi masyarakat negara Indonesia.

Di Kalimantan Barat ada 3 perbatasan besar yang menyambungkan Indonesia serta Malaysia, yakni Perbatasan Entikong di kabupaten Sanggau, Perbatasan Aruk di Kabupaten Sambas serta Perbatasan Badau di Kabupaten Putusibau. Semua telah dibuat secara baik serta juga diperlengkapi dengan beberapa faislitas pendukung.

Langkah serta Akses ke arah Perbatasan Entikong Terdapat beberapa langkah ke arah perbatasan ini yaitu dapat lewat jalan darat dengan kendaraan pribadi atau mungkin dengan naik bis umum yang memang melewati jalan ini seperti bis jurusan Pontianak ke Kota Kuching Sarawak Malaysia. Buat kalian yang bawa kendaraan pribadi yakinkan kendaraannya tidak berkaca gelap serta telah diperlengkapi dengan surat menyurat yang sah. Tujukan kecepatan kendaraan ke arah kabupaten Sanggau. Nah dari sana tujukan kendaraan ke arah Kecamatan Entikong serta ke arah perbatasan.

Tetapi awalnya kalian harus ke kota Pontianak yaitu Ibu Kota Propinsi Kalimantan Barat terlebih dulu. Nah dari Lapangan terbang Supadio Pontianak kalian langsung bisa ke arah Perbatasan Entikong dengan kendaraan kalian atau juga bisa naik Damri pagi hari atau malam hari. Serta jika bis Damri telah jalan terlebih dulu, tenang saja, sebab kalian dapat naik bis yang lain lewat Terminal Ambawang di Kabupaten Kubu Raya.

Terminal Ambawang Kubu Raya Kalimantan Barat Diluar itu, kalian tidak butuh cemas masalah jalanan ke arah perbatasan, sebab jalanan di sini sangatlah lancar dan baik. Jalan aspal juga dibuat mulus sampai ke perbatasan. Banyak bensin yang di jual selama jalan lintas batas dan warung di selama jalan. Papan panduan jalan juga cukup sudah jelas hingga berkendaraan sendiri menurut saya cukup aman.

Terminal Antar Lintas Bangsa Negara ALBN Ambawang kubu Raya Nah buat kalian yang ingin naik kendaraan umum dapat lewat Terminal Antar Lintas Batas Negara atau ALBN Sekumbang yang berada di Kabupaten Kubu Raya atau seputar 30 menit dari pusat Kota Pontianak. Terminal ini memang bekerja tidak cuma layani rute lintas kabupaten di Kalimantan Barat saja dan juga Antar Negara seperti arah Kota Kuching Sarawak Malaysia sampai negara Brunei Darussalam.

Harga Ticket Bis di Terminal ALBN Ambawang Pontianak Ada beberapa type pilihan kendaraan bis yang dapat kalian pilih serta sesuai dengan keadaan keuangan kalian sendiri. Seperti bis standard ber AC yang tarifnya seputar Rp 160.000 s/d Rp 220.000, atau bis spesial yang harga tambah mahal bertipe Sleeper pada harga diatas Rp 230.000. Semua pilihan armada ada dalam tempat ini. Serta yakinkan kamu beli ticket lebih dini atau 5 jam sebelum keberangkatan mengingat jumlahnya armada bis hanya terbatas.

Pos lintas Bangsa Negara Entikong Bis yang saya naiki contohnya, yakni Biaramas dipakai biaya standard yaitu Rp 200.000 per orang. itu juga harga telah ditawar terlebih dulu loh sebab harga aslinya seputar Rp 230.000. Jadi pinter-pinter kalian negosiasi ya! Sebab harga ticket bis di sini nyatanya dapat ditawar loh.

Oh iya lama perjalanan ke arah Perbatasan Entikong seputar 4-5 jam. Umumnya bis yang beroperasi malam hari akan pergi jam 09.00 malam serta akan datang di Perbatasan Entikong seputar jam 02.00-03.00 pagi hari. Sebab tepian sendiri mulai dibuka jam 06.00 pagi, jadi bis yang kalian naiki akan berhenti sampai pintu perbatasan dibuka.

Apa yang menarik di Perbatasan Entikong ? Perbatasan Entikong sama juga dengan Perbatasan Lintas Negara yang lain di Indonesia. Tentu saja hal penting yang ditawarkan ialah panorama di sekelilingnya sampai gedung serta wajah baru perbatasan yang istimewa, kekinian dan spesial. Kalian dapat berpose di papan atau di tulisan Tepian Indonesia. Atau buat kalian yang tidak pernah benar-benar ke perbatasan, kamu juga dapat rasakan langsung situasi di Perbatasan Negara.

Perbatasan Entikong di Kabupaten Sanggau Ditanggung jiwa nasionalisme kamu bertambah waktu kamu ada di perbatasan. Bendera Indonesia yang berkibar serta beberapa petugas yang berjaga dari sana bawa semangat baru buat kita supaya lebih menyukai bangsa ini. Bangunan yang unik jadi latar photo serta kegiatan perbatasan sangat menarik untuk dilihat.

Banyak masyarakat yang hadir lewat tentu berpose diarea Perbatasan

Untuk masuk ke perbatasan ini, kalian tak perlu bawa Paspor. Hingga lebih gampang buat kalian yang belum mempunyai Paspor. Tetapi buat kalian yang ingin lewat ke daerah negara samping yaitu Malaysia, kalian harus menstempel Paspor, jadi gak dapat asal-asalan masuk. Namun, bila kalian cuma ingin berpose saja, petugas akan mengizinkannya dengan catatan tidak mencapai taman, tidak mengakibatkan kerusakan sarana atau melakukan perbuatan hal yang dilarang, serta tentu saja masih ada di daerah Indonesia.


Gerbang Perbatasan Kegiatan masyarakat di Perbatasan Entikong cukup ramai, dari mulai jumlahnya warung-warung, bank, pasar, tempat beribadah serta pekerjaan masyarakat di ke-2 negara yang tiap hari lewat di perbatasan ini. Beberapa kios-kios serta bangunan di seputar Perbatasan Entikong juga mulai dibuat hingga meningkatkan kesan-kesan hidup serta ramai di lokasi perbatasan.

Welcome di PLBN Badau Sesudah senang nikmati Perbatasan Entikong saya mendapatkan peluang untuk lihat serta bertandang langsung ke perbatasan yang lain di Kalimantan Barat, persisnya di Kabupatan Kapuas Hulu yaitu PLBN Badau.

 

BACA JUGA: Wow…kerennya perbatasan RI – PNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!