Manfaat Dan Keburukan Makan Coklat

Manfaat Dan Keburukan Makan Coklat – Kali kita tidak menyadari akan makanan bergizi di sekeliling kita seperti kandungan yang ada di dalam coklat. Cokelat kerap kali diidentikkan sebagai makanan tak sehat, sedangkan cokelat mengandung sejumlah zat gizi bagus untuk tubuh manusia.

Coklat memiliki rasa manis khas, sehingga membuat makanan ini benar-benar disukai oleh si kecil-si kecil dan orang dewasa. Sebagian besar kandungan cokelat, terdiri dari berjenis-jenis jenis zat seperti berikut:

• 14% kandungan karbohidrat
• 9% protein (terdiri dari zat protein, fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin)
• 31% lemak
• zat-zat lain, seperti alkanoid (zat yang menyebabkan coklat terasa pahit)

Gambar terkait Manfaat Dan Keburukan Makan Coklat

 Manfaat Dan Keburukan Makan Coklat
Manfaat Dan Keburukan Makan Coklat

 

Sejumlah kandungan zat dalam cokelat yang semacam itu pelbagai inilah yang menjadikan coklat bagus untuk dikonsumsi dan juga memberikan manfaat untuk kesehatan.

 

BACA JUGA: Inilah beberapa merk coklat yang enak dan berkualitas dan dapatkan Peluang Bisnisnya

 

 

Manfaat Cokelat Bagi Tubuh

Manfaat Dan Keburukan Makan Coklat
salah satunya yaitu karena coklat mengandung senyawa antioksidan bernama flavonoid. Coklat berasal dari tanaman kakao, dan kakao kaya akan flavanoloid. Kedengarannya memang cukup simpel, tapi mengonsumsi sebagian ragam coklat dengan kandungan flavonoid ini, diduga dapat memberi pengaruh kesehatan metode tubuh, berikut ini sebagian diantaranya :

1. Meningkatkan Produksi Insulin
Para peneliti di Italia baru-baru ini, mengerjakan penelitian terhadap 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons coklat hitam atau coklat putih dalam jumlah sama, yang tidak mengandung phytochemical flavonoid selama 15 hari. Kemudian penelitian ini memperlihatkan hasil, bahwa resistensi insulin (faktor risiko untuk diabetes) secara signifikan menurun terhadap mereka yang makan dark chocolate. Jadi manfaat coklat bisa juga untuk meningkatkan insulin.

2. Pengaruh Peningkatan Aliran Darah
Berkaitan penelitian di atas, ditemukan juga hasil tekanan darah sistolik (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah), dievaluasi tiap hari dan juga menjadi lebih rendah pada kategori makan dark chocolate. Kandungan zat flavonoid ini bertingkah sebagai antioksidan alami dari cokelat. Coklat berguna sebagai antioksidan.

3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung
Peneliti di John Hopkins School of Medicine membikin sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut, dark chocolate berguna mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%, sebut Diane Becker, MPH, ScD. ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah menjadi lebih lambat terhadap orang dengan konsumsi cokelat dibandingi pada mereka yang tak. ini penting karena ketika trombosit mengalami pembekuan bisa terwujud dan blok bekuan dalam pembuluh darah ini kemudian dapat menyebabkan serangan jantung.

4. Menurunkan Berat Badan
Berbeda dengan manfaat buah-buahan yang memang tenar baik untuk menjaga beban tubuh, mengkonsumsi coklat menjadi ketakutan sendiri bagi orang diet. Pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen menciptakan inovasi bahwa dark chocolate memberikan perasaan lebih kekenyangan seperti manfaat jambu biji dan manfaat apel, daripada coklat putih. Ini artinya cokelat cukup bermanfaat untuk menolong menurunkan berat badan.

5. Menyelesaikan Diare
Kebanyakan kita hanya mengenal sejumlah tanaman yang memberikan dukungan terhadap pengobatan diare seperti pada manfaat daun jambu biji. Walaupun sejarah adat istiadat Amerika Selatan dan Eropa sejak abad ke-16 ialah memberikan pengobatan diare dengan kakao. Kemudian hal ini diperkuat oleh penelitian Ilmu pengetahuan modern. Para ilmuwan di Rumah Sakit Hati Oakland Research Institute menemukan bahwa flavonoid di dalam kakao akan mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berkhasiat untuk menghentikan diare.

6. Meningkatkan Intelijensi
Jikalau berada pada keadaan proyek kerja memberikan stres, ada baiknya untuk mengonsumsi dark chocolate. Coklat tak hanya akan membantu mengurangi efek stres kepada lingkungan, namun juga untuk meningkatkan tenaga otak dikala sedang benar-benar diperlukan. Kondisi ini ditemukan oleh para peneliti dari University of Nottingham, yang menemukan bahwa minum kokoa atau coklat yang kaya akan flavanol bermanfaat dalam peningkatan aliran darah ke bagian-bagian kunci dari otak selama 2 sampai 3 jam. Hal ini bisa meningkatkan performa dan kewaspadaan otak untuk bentang pendek.

7. Bagus Untuk Sindrom Kelelahan Kronis
Dalam sebuah penelitian kecil di Inggris, sekitar 1,5 ons 85% dark chocolate diberikan terhadap sekelompok orang dewasa dengan sindrom kelelahan kronis tiap-tiap hari selama delapan pekan. Dalam studinya, yang telah dikirimkan untuk publikasi, para peserta dilaporkan merasa tak terlalu lelah setelah makan cokelat. Anehnya, tidak ada kenaikan beban tubuh kepada skelompok orang tersebut, berdasarkan peneliti Steve Atkin, PhD. Para peneliti percaya bahwa coklat meningkatkan aksi neurotransmitter, seperti serotonin, dan membantu mengatur suasana hati dan tidur, tapi memang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat coklat tersebut.

Manfaat Dan Keburukan Makan Coklat

Selain 7 Manfaat utama di atas , coklat juga berdampak pada kesehatan lain pada tubuh manusia, berikut beberapa di antaranya:
• Mencegah penyakit jantung
• Menurunkan tekanan darah
• Menurunkan kolesterol
• Anti depresan
• Kandungan lemak rendah
• Meningkatkan sirkulasi darah
• Menghindari kelelahan kronis
• Menghambat penuaan
• Meningkatkan kesehatan mata.
• Mengurangi risiko kanker.
• Dapat menghaluskan kulit.
• Membantu kita untuk menurunkan bobot tubuh.
• Sangat baik untuk Kesehatan Otak
• Anti Depresi

BACA JUGA: Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula Untuk Kesehatan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!