Merawat Ayam Pelung Muda

Merawat Ayam Pelung Muda – Memilih Ayam Pelung Kualitas Kontes Siapa tidak yang mengetahui ayam pelung. Ayam orisinil dari tanah Pasundan. Ayam ini banyak dikagumi sebab suaranya yang panjang dan merdu serta sosoknya yang tinggi besar. Unggas asal Cianjur ini lazim dipelihara dari sekedar hobi, bisnis, hingga untuk kontes lomba.

Ayam tipe ini sudah lama menjadi klangenan oleh beraneka kalangan. Dari masyarakat lazim hingga pejabat. Hal ini dapat nampak dalam perlombaan kontes ayam pelung. Sekedar catatan, dalam kontes skala lokal, pesertanya bisa mencapai puluhan hingga ratusan orang.

Dari ikatan hobi yang sama ini, berkembanglah komunitas-kelompok sosial ayam pelung di Indonesia. Salah satunya Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI) yang beranggotakan peternak dan penghobi lintas generasi. Umur tua dan muda saling bersilahturahmi dalam wadah tersebut.

Gambar Terkait  Merawat Ayam Pelung Muda

 Merawat Ayam Pelung Muda
Merawat Ayam Pelung Muda

Ayam pelung ragam kontes awam ditandai dengan suaranya yang mengalun panjang. Durasinya dapat mencapai 14 detik. Kian berirama, empuk dan besar volume suaranya, menjadi salah satu ciri calon ayam pelung juara.

Selain dari suaranya, kriteria ayam pelung kontes juga bisa dinilai dari penampilan, postur, warna, dan bobot badannya. Bentuk dan penampilan yang bagus ditandai dengan postur yang gagah dan besar dan keindahan corak bulunya.

Sesudah mengenal jenis ayam pelung kontes yang tepat, ada tiga cara untuk mendapat ayam pelung kontes. Pertama, membeli ayam pelung siap kontes. Kedua, membeli anakan dari ayam kontes. Ketiga, beternak ayam pelung kwalitas kontes. Ketiga hal ini jamak diketahui para penghobi ayam pelung kontes. Kelompok pertama dan ketiga biasa dimanfaatkan oleh para penghobi yang mempunyai dana lebih. Sementara itu, kelompok kedua, untuk penghobi yang minim dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!