Pantai Menganti Selandiabarunya Indonesia

Pantai Menganti Selandiabarunya Indonesia

Pantai Menganti Selandiabarunya Indonesia –  Pantai Menganti salah satu pilihan tujuan wisata pas buat mereka yang menyukai nikmati panorama samudera lepas. Tempat wisata yang ada di Desa Karang Duwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini menyuguhkan pemandangan pantai berpasir putih yang sekelilingnya dikelilingi perbukitan hijau.

 

Gambar terkait Pantai Menganti Selandiabarunya Indonesia

 

Untuk sampai tempat pantai yang dipanggil jadi Selandia Baru di Indonesia ini, pengunjung akan melalui salah satu akses yang berada di sana, yakni Tebing Keteb Widadari. Tidak cuma untuk jalan, tempat itu adalah tebing karst yang mengapit Pantai Menganti.

 

Nama Pantai Menganti sediri datang dari kata “menunggu”. Konon nama itu datang dari legenda Majapahit yang bercerita mengenai seorang panglima yang melarikan diri, sebab jalinan asmaranya tidak disetujui oleh raja.

 

Dalam cerita itu sang panglima serta kekasih janji akan kembali berjumpa di pantai, tetapi waktu sang panglima kembali untuk penuhi janjinya sang kekasih tidak segera hadir.

 

Versus lain bercerita jika nama Pantai Menganti datang dari cerita pertemanan Wali Songo, Sunan Gresik serta Syekh Subakir yang sempat terpisah waktu menebarkan agama Islam. Mereka juga janji akan berjumpa kembali. Sunan Gresik yang sampai terlebih dulu pada akhirnya setia menanti kehadiran sahabatnya.

 

Untuk masuk ke lokasi Pantai Menganti pengunjung perlu bayar ticket masuk seharga Rp10.000. Saat sampai, pengunjung akan menjumpai batuan karang dengan beberapa ukuran yang menghiasi pasir putih di lokasi itu.

 

Airnya yang cukup jernih sangat mungkin pengunjung untuk lihat biota laut seperti ikan-ikan kecil. Lokasi pantai pasirnya yang ada disamping barat sendiri adalah tempat pantai nelayan. Pada siang hari, beberapa nelayan juga sering memarkir perahu di pinggiran lokasi itu.

Tidak cuma panorama, tempat di seputar Pantai Menganti ikut di ramaikan dengan beberapa warung makan. Tempat itu sangat mungkin pengunjung untuk nikmati kuliner laut fresh yang langsung diambil oleh beberapa nelayan seputar.

Macam hal yang dapat di nikmati di seputar pantai:

Ada banyak tempat di seputar Pantai Menganti yang harus untuk didatangi. Untuk sampai beberapa lokasi itu juga pengunjung dapat berjalan atau naiki pick-up/shuttle gratis yang sudah ada.

Pertama ada jembatan merah yang berdiri di atas batu-batu karang. Tempat yang memiliki jarak 300 mtr. dari pantai itu bisa diraih dengan berjalan kaki atau menggunakan shuttle bis yang memerlukan waktu menempuh seputar 10 menit. Pada tempat itu beberapa pengunjung dapat nikmati bagian lain dari Pantai Menganti.

Setelah itu bila pengunjung ingin sebatas santai serta nikmati semilir angin yang melalui, ada tempat pondokan yang berdiri di Bukit Sigatel. Tempat yang terdapat tidak jauh dari jembatan merah itu ada di lokasi Tanjung Karang Bata. Untuk santai di pondok yang ada pengunjung juga cuma dikenai ongkos sewa seputar Rp10.000 per pondok.

Lokasi Tanjung Karangbata juga mempunyai pantai kecil yang dipenuhi bebatuan kecil, yang diakui adalah dari hasil gunung api purba yang berada di lokasi Pantai Menganti.

 

BACA JUGA: Wow…kerennya perbatasan RI – PNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!