Perbedaan Khasiat Madu Pahit Dan Madu Manis

Perbedaan Khasiat Madu Pahit Dan Madu Manis – Madu sudah dikenal sejak dulu mempunyai manfaat yang cukup banyak untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan tubuh. Ada lebih dari 300 ragam madu, dengan masing-masing varietas digolongkan berdasarkan sumber bunga yang diaplikasikan lebah untuk mengumpulkan madu, demikian pernyataan dari National Honey Board, institusi yang melaksanakan program penelitian dan pemasaran yang berkaitan dengan produksi madu di Amerika Serikat.

 

Gambar terkait

 Perbedaan Khasiat Madu Pahit Dan Madu Manis
Perbedaan Khasiat Madu Pahit Dan Madu Manis

Begitu istimewanya madu dan lebah hingga Allah SWT telah menjelaskan dalam Alquran surah An-Nahl ayat 68-69, yaitu surah yang ke-16 dalam Alquran yang memiliki arti Lebah.

Dan tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia (68). Kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan, lalu tempuhlah jalan tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berfikir (69).

Madu lebah Kelulut atau umum kita ketahui dengan lebah Trigona amat kaya akan manfaat dan khasiat. Propolis yang terdapat pada lebah Trigona juga dapat diaplikasikan untuk perawatan dan juga kecantikan.

Perbedaan Khasiat Madu Pahit Dan Madu Manis – Terdapat tiga variasi jenis lebah Trigona, yaitu yang pertama, lebah Trigona satu dengan ukuran lebah yang kecil seperti lalat dan mempunyai warna kuning pada bagian sayapnya dan kantung madu yang diwujudkan juga berukuran besar diperbandingkan dengan Trigona yang lain, corong pintu masuk lebah ini berbentuk panjang dan bulat agak lebar.

Kedua, Trigona dua dengan ukuran kecil dan sedikit panjang serta memiliki sayap berwarna ungu dan kantung madu yang dihasilkan bahkan berukuran lebih kecil dari Trigona satu, serta corong pintu masuk yang dimiliki lebah ini berukuran bulat dan agak pendek

Ketiga, Trigona tiga dengan ukuran yang sama dengan Trigona lainnya ialah berukuran kecil dan mempunyai sayap berwarna hitam serta memiliki kantung madu yang bervariasi antara besar dan kecil, padahal corong pintu masuk lebah Trigona tiga ini berukuran lonjong dan panjang.

Rasa madu lebah Trigona juga berbeda pada bulan-bulan tertentu mengikuti musim bunga yang ada pada bulan-bulan tersebut. Ketika Januari sampai bulan April rasa madu yang diciptakan lebah Trigona ini manis. Ketika bulan Mei hingga Agustus memiliki perbedaan rasa yang manis sedikit asam, rasa asam inilah yang mengandung asam amino.

Jika madu ini disimpan lebih lama maka akan menimbulkan rasa asam yang lebih dominan. Kemudian saat bulan September hingga Desember rasa madu yang dijadikan lebah ini manis dan sedikit bercampur rasa pahit. Hal ini terjadi sebab rasa manis di peroleh dari pelbagai variasi nektar tanaman bunga, Manggar kelapa, dan bunga rambutan. Rasa asam di dapat dari nektar bunga pohon getah dan nektar bunga pohon kopi. Dan rasa pahit di dapat dari nektar bunga pohon pinang.

Ada 5 manfaat madu Kelulut atau lebah Trigona, merupakan

  1. Obat batuk

Madu memang sudah tersohor dalam dunia kesehatan. Maka cairan madu senantiasa menjadi solusi dalam beberapa penyebab sakit, salah satu nya batuk maupun flu. Rasa asam yang terdapat di dalam madu Kelulut yang mengandung asam amino bisa menyembuhkan batuk pada seseorang. Tak cuma batuk, madu lebah Kelulut juga dipercaya dapat menyembuhkan sakit demam pada seseorang. Dengan metode di konsumsi segera. Karena madu memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri yang dapat melawan virus dan bakteri penyebab flu, batuk, dan juga demam.

 

  1. Obat diabetes

Diabetes atau penyakit yang disebabkan berlebihnya kadar gula dalam darah ini betul-betul membahayakan. Tetapi apakah dibiarkan bagi seorang penderita   diabetes mengkonsumsi  madu? Tentu  saja boleh cuma saja jumlah konsumsinya mesti cocok dengan tingkat diabetes yang diderita. Madu lebah  sendiri mengandung karbohidrat. Dan rasa manis yang dihasilkan dari lebah Kelulut ini juga tak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi dan dapat dipakai sebagai  obat bagi para penderita atau yang belum terserang penyakit ini.

 

  1. Membantu kecerdasan otak

Madu yakni salah satu makanan terbaik dan diperlukan dalam mengerjakan fungsi kinerja otak. Selain bisa membantu kecerdasan fungsi otak, khasiat madu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Madu juga bagus untuk menolong kecerdasan otak pada anak usia pertumbuhan. Sehingga tidak heran seandainya banyak orang tua yang memberikan madu ini pada anak usia balita.

 

  1. Menambah nafsu makan

Perbedaan Khasiat Madu Pahit Dan Madu Manis sudah tidak diragukan lagi dalam dunia kesehatan. Selain dipakai sebagai bahan kecantikan ternyata madu juga bisa menambah nafsu makan pada seseorang dan juga pada si kecil-si kecil. Oleh karena itu, banyak kalangan orang tua dan juga para si kecil-si kecil yang gemar mengkonsumsi madu. Rasa manis, asam dan pahit pada madu lebah Kelulut juga dapat menambah gairah nafsu makan pada seseorang

 

  1. Sebagai bahan kecantikan

Madu  memang telah familiar dalam dunia kecantikan. Sebab manfaatnya  yang telah tak diragukan lagi bagi kesehatan kulit dan wajah. Madu  dipercaya bisa melembutkan, melembabkan dan juga mencerahkan kulit serta bisa memudarkan flek-flek hitam pada wajah. Sehingga  banyak para wanita menggunakan madu sebagai bahan dasar kecantikan baik dipakai sebagai masker maupun sebagai bahan perawatan kulit lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!