Wow…kerennya perbatasan RI – PNG

Wow…kerennya perbatasan RI – PNG

Perbatasan RI – PNG   . Wilayah Perbatasan terletak di Desa Skouw, Distrik( Kecamatan) Muara Tami. Jaraknya dekat 70 Kilometer dari pusat kota Jayapura. Ekspedisi mengarah ke situ ditempuh sepanjang 1, 5 jam. Kami memakai mobil pinjaman kesana, kebetulan terdapat sahabat bekerja di Jayapura. Sejauh ekspedisi kami disuguhi panorama alam alam yang menawan, tanah Papua memanglah memesona.

Buat melintas Pos Lintas Batasan Negeri( PBLN) tidak butuh paspor. Kami hanya menyerahkan  KTP yang masih berlaku di pos penjagaan negeri asal. PBLN Skouw ini lagi direnovasi, sebagian bangunan masih belum difungsikan. Rencananya hendak dioperasikan bis Damri antar negeri. PBLN merupakan sebidang tanah tanah kosong dengan pagar di kedua sisinya, satu sisi kepunyaan Indonesia serta satu sisi kepunyaan PNG. Wisatawan boleh bepergian hingga radius dekat 1 kilometer.

Sehabis melewati pos penjagaan di PNG, saya mendapatkan semacam halte di mana penduduk PNG menunggu shuttle buat kembali ke daerahnya. Mereka umumnya berbelanja aneka kebutuhan semacam bahan santapan serta perlengkapan rumah tangga.

Di dekat halte ada sebagian ibu- ibu berjualan sovenir semacam kaos, topi, mug, payung serta gantungan kunci. Saya membeli mug serta gantungan kunci buat kenang- kenangan. Sepanjang berkelana di PBLN, tidak diperkenankan buat memakai kamera DSLR. Kami kena tegur petugas imigrasi waktu itu.

Kami berjumpa dengan salah satu tentara PNG yang bertugas. Ia menunjukkan satu spot buat menikmati alam Papua. Kami  berjalan kaki , di situ terdapat sebidang tanah serta rumah. Buat menikmati panorama alam kami dikenakan iuran 10 ribu rupiah. Masyaallah panorama alam di depan kami sangat menawan, gunung yang hijau serta laut yang biru.

 

Pembangunan PLBN ini diharapkan akan menggerakkan perekonomian wilayah perbatasan RI dan masyarakat sekitar serta menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Indonesia yang tinggal di perbatasan.

Diharapkan selain menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru, juga menjadi sebuah etalase kebanggaan kita karena merupakan beranda paling depan dari negara ini.

BACA JUGA: Melihat suasana pantai di teluk penyu Cilacap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!